Saturday 15 August 2015

Rangking FIFA Negara-Negara Ini Kini di Atas Indonesia

Kalau mau tau negara mana yang paling jago main bola di saat-saat kosong turnamen internasional gini, ya paling gampang liat ranking FIFA. Termasuk ranking kita sekarang ada di posisi seratus berapa puluh berapa. Tapi gak cuma posisi kita aja yang menarik dilihat. Kalo penasaran seperti apa 'overview' dari kualitas bola di sana, tinggal cari. Terus iseng deh bandingin sama Indonesia. Dan hasilnya.... ya gitu. Sila lihat judul kembali.


PS: Oiya, ini adalah Ranking FIFA edisi Agustus 2015.


1. Filipina & Myanmar

Kita mulai dari yang terdekat dan tidak mengejutkan lagi. Walaupun kita sudah lumrah dua negara ini memang sedang bagus-bagusnya, anak-anakpun masih ingat mereka pernah jadi makanan empuk garuda. Bahkan Filipina sampai saat ini masih numpang di catatan emas kita sebagai korban pembantaian terbesar kita, DUA KALI, 13-1 dan 12-0 masing-masing tahun 2002 dan 1972.
Sebagai negara yang tidak menggemari sepakbola, Filipina tidak bisa berbicara banyak di turnamen-turnamen yang diikutinya. Jangankan dunia dan asia, pada lingkup asia tenggara pun, Filipina betah dengan statusnya sebagai obyek panen gol. Sebelum 2010, Filipina tercatat hanya menang 1 kali di piala AFF/Tiger, dengan mengalahkan newbie asia tenggara Timor Leste tahun 2004.
Myanmar setidaknya lebih baik. Selain menjadi langganan tetap Piala AFF, mereka juga punya sejarah mentereng di lingkup olimpiade. Namun begitu, prestasi terbaik di piala AFF hanyalah semifinal di tahun 2004.

2. India & Guam
Kriket di India sama populernya seperti Sepakbola di Brazil

Tidak pernah masuk Piala Asia sejak 1984, India akhirnya lolos kembali di edisi 2011 karena AFC memberikan jatah bagi pemenang turnamen kelas tiga, Challenge Cup. Di kualifikasi Piala Dunia, India tidak pernah sekalipun melewati fase pertama dengan total hanya mencatat 9 kemenangan dalam selang 7 edisi piala dunia. Terakhir, India harus terseok-seok di kualifikasi Piala Dunia 2018 setelah dikalahkan Guam (Sila cari di peta di mana itu Guam, dan Ya! Peringkatnya di atas Indonesia)
Sama seperti Filipina, sepakbola bukan olahraga populer di sana. Liga India bahkan harus direset pada tahun 2007 karena banyak klub yang bangkrut.
Sementara itu Guam yang pulaunya masih jadi milik Amerika Serikat ini tidak punya sejarah panjang dalam sepak bola. Baru bergabung dengan FIFA tahun 1996, Guam baru menang dua kali di kualifikasi Piala Dunia.

3. Afghanistan & Bhutan
Trivia: ini loh kanjeng Raja dan Ratu Bhutan

Merasa miris India sedang ada di atas kita? Kalau begitu jangan baca bagian ini. Dengan catatan seperti itu, India masih menjadi raksasa di Asia Selatan. Di piala SAFF, India mendominasi dengan menjadi juara 6 kali. Jauh dari Afghanistan (sekali) dan Bhutan (tidak pernah). Nuff said, ga perlu membicarakan Piala Asia dan Dunia.

4. Timor Leste & Suriname
Selain keturunan Indonesia, Nigel de Jong juga keturunan Suriname

Dua negara yang punya hubungan darah dengan Indonesia. Yang jelas, dalam aspek umur, luas wilayah, jumlah penduduk, dan teriak-teriakan nonton bola, kita masih superior. Adek kita di tenggara masih sibuk berusaha menyambung hidup sebagai negara mandiri. Sedangkan sepupu jauh di sana sepertinya tidak peduli mau masuk piala dunia apa enggak.

5. Ethiopia
Mereka tanding bolanya gimana ya?
Negara yang terkenal dengan label negara termiskin di dunia ternyata masih punya peringkat FIFA di atas Indonesia. Dan sudah tidak asing lagi bahwa negara-negara Afrika umumnya memiliki peringkat lebih tinggi dari Indonesia bahkan raksasa-raksasa Asia Tenggara lain.

6. Bermuda & Negara-negara Karibia lain.
Ke sini lebih enak santai-santai. Juga main bajaklaut-bajaklautan.
Siapa sangka negara yang terkenal dengan segitiganya ini peringkatnya masih di atas Indonesia.
Jika Indonesia masuk di wilayah Karibia, Indonesia bahkan akan mendapat status non unggulan karena masuk 10 peringkat terendah.

7. Palestina
Udah gak ngerti lagi. Negara ini belum merdeka. Urusannya tiap hari itu sama tentara Israel. Palestina melakoni seluruh partai kandangnya di luar negeri. Liganya seringkali berhenti karena suasana Palestina-Israel memanas. Peringkat mereka melejit jauh hingga 100 besar.

Itu tujuh negara-negara versi on th... yang ternyata peringkatnya di atas Indonesia. Anyway, kita juga bisa loh membela diri karena sistem ranking FIFA ini banyak yang bilang masih ngaco. Di ujung sana, kejutan-kejutan juga muncul seperti Belgia dan Kolombia yang menerobos 5 besar, dan terlemparnya Belanda dan Spanyol dari 10 besar. Makanya ada ranking alternatif seperti ranking ELO yang biasa dipakai ngeranking pemain catur.

Nah, untuk menghibur diri, ada negara-negara yang ternyata peringkatnya masih di bawah Indonesia. Di antaranya:

1. Malaysia
Buat yang menganggap mereka musuh bebuyutan bola kita, kabar baik karena mereka masih di bawah kita.Ya walaupun cuma beda dua strip sih.

2. Negara-negara Eropa
Ternyata, masih ada negara Eropa yang peringkatnya dibawah Indonesia. Adalah San Marino dan Andorra. San Marino itu negara di tengah Italia yang luasnya sekitar 65 km persegi (Jakarta 664 km persegi) dan berpenduduk 32.000 (Kalimantan Utara 600.000-an). Andorra ya sebelas duabelas sama San Marino gitu.

3. Papua Nugini
Kalo Tetangga-tentangga kita yang lain sudah melewati kita, syukur Alhamdulillah yang satu ini belum.

4. Negara-negara Oseania
Jangan panik ketika baca bahwa Indonesia masuk 10 peringkat terakhir di wilayah karibia. Kalau dipindah ke wilayah Oseania, ternyata kita hanya kalah dari Selandia Baru. Waw, sesuatu!

Yah sudah cuma empat. Yang penting kalau dipikir-pikir, ini kan cuma main bola. Jadi gak usah terlalu diambil hati.

No comments:

Post a Comment